6 Jenis Nyamuk Paling Berbahaya Di Dunia

Senin, 07 Mei 2018

6 Jenis Nyamuk Paling Berbahaya Di Dunia

Tentu kita sudah sangat familiar dengan nyamuk. Hewan kecil yang satu ini hidup hampir di setiap rumah-rumah dan mengganggu penghuninya. Ya, hewan ini memang memiliki kebiasaan menggigit manusia untuk menghisap darah. Efek dari gigitan tersebut memang sangat beragam, mulai dari gatal biasa, bentol hingga terserang virus tertentu. Nah, di dunia, ada cukup banyak jenis nyamuk yang harus diketahui. Beberapa spesies nyamuk tersebut merupakan nyamuk yang sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan manusia hingga bisa menyebabkan kematian. 
Nah, untuk mengetahui apa saja spesies nyamuk yang berbahaya di dunia, simak beberapa penjelasan di bawah ini. Selamat membaca.

Aedes Aegypti

Aedes Aegypti merupakan salah satu spesies nyamuk yang berbahaya di dunia
Nyamuk Aedes Aegypti sumber Wikipedia

Aedes Aegypti merupakan salah satu spesies nyamuk yang berbahaya di dunia. Gigitan nyamuk ini bisa menyebabkan seseorang terjangkit beberapa penyakit, seperti demam berdarah, demam kuning hingga Zika. Nyamuk ini memang cukup dikenal oleh masyarakat awam karena banyaknya kasus demam berdarah yang muncul. Hal yang perlu diwaspadai adalah nyamuk ini tergolong lincah dan hidup dalam lingkungan yang bersih sehingga cukup sulit dibasmi.

Aedes Albopictus

Aedes Albopictus merupakan spesies lain dari keluarga Aedes. Nyamuk ini seringkali disebut sebagai nyamuk harimau Asia. Sebutan ini muncul karena nyamuk ini memiliki ukuran lebih besar dengan garis belang putih pada bagian tubuh hingga kakinya. Perlu diketahui bahwa nyamuk ini lebih berbahaya dari jenis spesies nyamuk Aedes lainnya. Hal ini disebabkan nyamuk ini mampu mengakibatkan gangguan chikungunya, west nile hingga encephalitis.

Culex Pipiens

Culex Pipiens adalah salah satu spesies nyamuk berbahaya lainnya. Nyamuk satu ini sering mengeluarkan suara desing yang cukup kuat dan biasanya akan sangat mengganggu. Dalam hal ini, Culex Pipiens sangat suka tinggal di rumah penduduk terutama yang memiliki wadah air. Nyamuk ini bisa mengakibatkan penyakit west nile, yakni flu yang bisa menyebabkan komplikasi saraf permanen.

Culex Tarsalis

Culex Tarsalis adalah nyamuk yang berbahaya lain yang harus diwaspadai. Nyamuk ini merupakan salah satu nyamuk yang paling banyak dari jumlah eksistensinya. Habitat hidup nyamuk ini adalah air kotor, saluran irigasi persawahan ataupun kebun. Dalam hal ini, anda sebaiknya menggunakan celana panjang untuk menghindari gigitan nyamuk ini yang bisa mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa.

Anopheles Quadrimaculatus

Anopheles Quadrimaculatus merupakan salah satu jenis nyamuk berbahaya di dunia. Nyamuk ini memiliki corong mulut dengan ukuran yang panjang atau disebut dengan sebutan palpi. Selain itu, nyamuk ini memiliki tubuh berwarna cokelat tua. Spesies nyamuk ini merupakan salah satu yang paling berbahaya di dunia dikarenakan bisa mengakibatkan munculnya penyakit malaria paling berbahaya di dunia.

Anopheles Freeborni

Nyamuk Paling Berbahaya Di Dunia
Nyamuk Anopheles Freeborni

Anopheles Freeborni adalah jenis spesies nyamuk berbahaya dengan memiliki warna hitam pada bagian sayap. Pada saat terbang, nyamuk ini akan melipat bagian perutnya dan saat menggigit, ia tidak akan berhenti sampai perutnya penuh di mana ditandai dengan warna perut yang memerah. Nyamuk ini akan memberikan rasa gatal yang sangat mengganggu dan terkadang mengakibatkan iritasi kulit yang berbahaya.
Nah, beberapa poin di atas menunjukkan adanya beberapa jenis nyamuk yang berbahaya di dunia. Dengan mengetahui adanya beberapa spesies tersebut, tentu saja kita seharusnya lebih mewaspadai adanya nyamuk tersebut. Beberapa nyamuk tersebut tentu saja berpotensi untuk mengganggu kesehatan manusia hingga menyebabkan hal yang tidak pernah diduga sebelumnya, termasuk kelumpuhan atau kematian. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: