Nyamuk Dbd Dan Ciri-Cirinya

Mendengar penyakit dbd tentunya bukanlah sebuah penyakit yang asing lagi ditelinga kita. Penyakit ini memang banyak memakan korban dari anak-anak hingga orang tua. Bahaya dari penyakit ini sangat mematikan karna korban jiwa bisa menjadi taruhannya. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda semua untuk lebih waspada mengenai penyakit dbd yang di sebabkan oleh nyamuk-nyamuk dbd. Maka dari itu, didalam artikel ini akan dijelaskan lebih rinci kepada anda semua tentang bagaimanakah penyakit dbd itu. Siapa yang menyebarkan dan bagaimana saja ciri-cirinya. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya untuk anda.

Nyamuk Dbd Dan Ciri-Cirinya
Nyamuk DBD Dan Ciri-Ciri Khususnya

Ciri-ciri nyamuk DBD

Perlu untuk diketahui bahwa nyamuk dbd ini memiliki tempat favorit berupa genangan air dan tempat-tempat yang kotor. Adapun penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk dbd ini dikarenakan oleh virus dengue yang memiliki 4 serotipe yakni DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. Di Indonesia, penyebaran virus dbd disebarkan oleh nyamuk betina yang di kenal dengan sebutan aedes aegypti sebagai penyebar utamanya dan nyamuk aedes albipictur sebagai vektor tambahan atau sekunder. Nyamuk demam berdarah ini memiliki sifat yang anthropofilik yakni menghisap darah manusia. Selain itu juga memiliki sifat yang multiple feeding yaitu bisa menghisap darah hingga kenyang dengan beberapa kali menghisap darah manusia. Dengan sifatnya yang multiple feeding inilah sehingga menyebabkan penularannya menjadi semakin cepat karena dalam satu periode saja, nyamuk ini mampu menularkan gigitan pada satu orang lebih.

Selain itu, untuk lebih jeli mengetahui ciri-ciri nyamuk dbd, hal ini dapat di ketahui dengan melihat warna dan juga bentuknya. Jika anda di rumah banyak menemukan nyamuk-nyamuk yang memiliki ukuran yang kecil dengan warna hitam dan belang loreng maka dapat di pastikan bahwa nyamuk tersebut merupakan nyamuk demam berdarah. Adapun kemampuan dari nyamuk dbd ini yaitu dapat terbang dengan ketinggian melebihi 100 meter sehingga tidak heran jika daya jangkau untuk penularannya sangat tinggi pula. 

Lalu kapan nyamuk dbd menggigit manusia? Nyamuk dbd ini memiliki waktu penggigitannya yaitu dikala sore hari. Nyamuk ini sangat aktif menggigit pada dua jam setelah matahari terbit dan dua jam sebelum matahari terbenam. Manusia terkadang tidak sadar ketika di gigit oleh nyamuk ini, karena biasanya akan menggigit bagian belakang tubuh manusia hingga pergelangan dan siku. Gigitannyapun tidak terasa dan tidak menimbulkan rasa sakit sehingga membuat kita tidak sadar bahwa telah di gigit.

Untuk selanjutnya adalah tempat berkembangbiaknya nyamuk dbd. Nyamuk aides aegepty ini merupakan jenis nyamuk pemukiman dimana nyamuk ini sangat menyukai penampungan air atau wadah ini untuk meletakkan telur-telurnya. Tempat-tempat ini tidak hanya di rumah saja namun juga di berbagai tempat luar rumah yang luput dari perhatian. Secara umum, nyamuk ini sangatlah menyukai tempat-tempat yang cenderung gelap dan lembab. Maka tidaklah jarang, jika tempat-tempat seperti bak mandi, vas bunga, ember bekas, kaleng bekas dan lainnya bisa menjadi tempat favorit nyamuk ini untuk berkembang biak. Sementara untuk nyamuk aides albipictus lebih menyukai tempat-tempat yang luar rumah seperti potongan bambu, ketiak daun, dan lubang bambu. Oleh karena bagi anda yang sering menggantung pakaian di balik pintu, maka anda perlu waspada karena tempat tersebut menjadi tempat favorit nyamuk. Bagi anda yang menggunakan bak mandi, maka harap untuk melakukan pengecekan pada bak mandi biasanya jentik nyamuk akan berenang kesana kemari, maka jangan ragu-ragu lagi segera kuras dan bersihkan bak mandi jika anda tidak menginginkan jentik-jentik tersebut menjadi nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel