Ciri Dari Nyamuk Aedes Aegepty

Penyakit ditimbulkan bukan hanya dari virus saja, namun juga dari hewan yang berkeliaran di sekitar kita. Nyamuk merupakan salah satu hewan yang menjadi sumber bibit penyakit. Meskipun beberapa orang menyepelekan gigitan nyamuk, namun kita semua tahu bahwa terdapat jenis nyamuk yang memang berbahaya. Sehingga akan membuat penyakit dan gangguan pada kesehatan yang digigitnya. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini tidak sepele. Bukan hanya menimbulkan reaksi gatal, bentol atau kemerahan saja. Namun juga dapat menyebabkan kematian juga. Salah satu jenis nyamuk yang berbahaya dan harus kita waspadai adalah spesies nyamuk aedes aegepty.

Chikungunya adalah penyakit virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus
Chikungunya adalah penyakit virus yang menyerang melalui gigitan Aedes aegypti atau Aedes albopictus

Nyamuk dengan sebutan aedes aegepty ini sering dikenal dengan nyamuk demam berdarah. Hal ini dikarenakan nyamuk jenis ini memang merupakan penyebab utama penyakit demam berdarah. Demam berdarah sendiri merupakan penyakit yang kita tahu bisa berakibat fatal yaitu kematian. Oleh karena itu, jenis nyamuk yang satu ini memang sangat dianjurkan untuk dibasmi. Bahkan kita seringkali diberikan penyuluhan untuk mencegah perkembangbiakan dari nyamuk tersebut. Dalam ulasan ini, kita akan membahas mengenai nyamuk yang menjadi penyebab penyakit dari demam berdarah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Beberapa Ciri Untuk Mengenali Nyamuk Aedes Aegepty

Nyamuk merupakan hewan kecil bersayap yang terbang dan mencari mangsa. Mangsanya sudah jelas adalah manusia yang nantinya akan dihisap darah pada permukaan kulitnya. Namun hisapan atau gigitan nyamuk ini perlu diwaspadai. Apalagi jika ternyata nyamuk demam berdarah yang menggigit permukaan kulit anda. Anda bisa terjangkit penyakit demam berdarah. Untuk menghindari hal tersebut, anda tentu harus mengetahui ciri-ciri dari nyamuk berbahaya ini. Mengingat bahwa ada berbagai jenis nyamuk. Dengan pengetahuan untuk mengenali ciri dari nyamuk tersebut, maka anda bisa lebih waspada dan menghindari untuk tergigit nyamuk tersebut.
  1. Bertubuh agak kecil dengan kemampuan membawa bibit penyakit virus Zika, virus dengue, virus cikungunya, dan virus demam kuning.
  2. Ciri dari nyamuk aedes aegepty ini bisa dilihat dari warna tubuhnya. Untuk jenis nyamuk ini memiliki ciri warna hitam dengan belang putih disekujur tubuh. Sehingga jika anda melihat ciri nyamuk seperti ini, anda harus waspada.
  3. Kemudian ciri yang lain dari nyamuk tersebut adalah radius terbangnya yang mampu mencapai sekitar 100 meter dari tempat menetasnya nyamuk.
  4. Ciri dari nyamuk ini juga setiap harinya memerlukan dua kali untuk menghisap darah. Biasanya waktunya adalah pagi dan juga sore hari.
  5. Kemampuan bertahan hidup dari jenis nyamuk ini adalah sekitar 2 hingga 3 bulan. Untuk rata-ratanya adalah selama 2 minggu.
  6. Kemudian ciri yang selanjutnya adalah ketika menggigit, maka posisi dari nyamuk ini adalah rata dengan permukaan kulit yang digigitnya.
  7. Ciri yang terakhir dari nyamuk ini adalah bersarang pada tempat-tempat yang genangan airnya jernih. Seperti di bak mandi misalnya. Sehingga anda harus waspada pada bak mandi atau air jernih yang ada pada kamar mandi anda. Apalagi untuk jenis nyamuk ini memang tidak bersarang atau berkembangbiak di air yang keruh atau kotor seperti di got atau comberan.
Dengan mengetahui ciri dari nyamuk aedes aegepty ini. Maka anda bisa lebih waspada dan mengenali nyamuk-nyamuk yang berkeliaran di sekitar anda. Dengan begitu, anda juga bisa menghindari untuk tidak mudah terjangkit dengan penyakit demam berdarah. Nyamuk jenis ini memang berbahaya, bahkan perkembangbiakannya juga sangat cepat. Untuk nyamuk ini juga suka hidup di tempat-tempat yang gelap dan juga banyak benda-benda yang tergantung. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Terutama untuk menghindari gigitan nyamuk jenis ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel