Cara Mengatasi Jentik Nyamuk Dengan Sangat Mudah

Musim hujan sudah datang. Selain adanya ancaman banjir yang harus diwaspadai, salah satu hal lain yang juga harus senantiasa diperhatikan adalah munculnya nyamuk. Memang, nyamuk cenderung tumbuh dengan jumlah yang lebih banyak pada saat memasuki musim hujan. Sebagaimana kita tahu bahwa nyamuk merupakan hewan yang sangat mengganggu karena gigitannya dan bisa menyebabkan beragam penyakit serta gangguan tubuh. Nah, untuk menekan perkembangbiakan nyamuk, maka kita harus senantiasa mematikan jentik nyamuk yang ada.

Jentik Nyamuk
Jentik Nyamuk
Perlu diketahui bahwa nyamuk berkembang biak dengan cara bertelur dan telur akan menetas menjadi jentik-jentik nyamuk. Jentik tersebut biasanya muncul di kubangan air, baik di dalam atau di luar rumah. Ketika kita melihat adanya jentik tersebut, tidak ada hal lain yang harus dilakukan selain membunuh jentik tersebut. Nah, lantas, bagaimana cara untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk tersebut? Berikut kita akan membahas beberapa cara mengatasi jentik ini dengan muda. Selamat membaca.

Mengatasi Jentik Nyamuk Dengan Mudah

Jentik yang tidak segera dibasmi akan menjadi nyamuk yang lebih besar dan akan mengancam manusia. Oleh karena itu, ketika anda melihat adanya jentik-jentik nyamuk, ada baiknya jika anda segera membasminya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi jentik tersebut. Beberapa cara mengatasi munculnya jentik nyamuk adalah sebagai berikut :

Membasmi Jentik dengan Garam
Garam bisa digunakan sebagai salah satu cara alami mengatasi masalah jentik yang ada di sekitar anda. Cara ini merupakan salah satu cara yang gampang dan juga praktis untuk dilakukan. Untuk melakukan langkah ini, maka anda hanya perlu menyiapkan garam kasar yang sudah dicuci kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu, tumbuk garam hingga halus dan sebarkan di bak mandi atau kolam yang menjadi sarang dari jentik nyamuk tersebut secara merata.

Membasmi Jentik dengan Memelihara Ikan
Membasmi Jentik dengan Memelihara Ikan
Ikan Pemakan jentik Nyamuk

Cara lain yang bisa diandalkan untuk mengatasi jentik adalah memelihara ikan. Ini adalah cara alami paling praktis terutama untuk mengatasi jentik yang ada di bak mandi rumah anda. Dengan memelihara ikan di bak mandi tersebut, jentik akan menjadi santapan bagi ikan-ikan. Ya, ikan menyukai jentik sebagai makanannya. Dalam hal ini, adanya ikan sebagai predator jentik akan membuat bak mandi anda aman dan bebas dari jentik yang mengganggu.

Membasmi Jentik dengan Mengalirkan Air
Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi jentik adalah dengan menjaga aliran air. Dalam hal ini, cara ketiga bisa digunakan untuk mengatasi jentik yang muncul di selokan atau saluran air. Saluran air yang tersumbat dan menggenang akan menjadi tempat menyenangkan bagi tumbuh kembang nyamuk. Jika anda memiliki saluran air di rumah, maka pastikan jika aliran air di saluran tersebut lancar dan tidak tersumbat. Dengan begini, maka tidak akan ada pertumbuhan jentik nyamuk yang terjadi.

Nah, dengan beberapa penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa cara yang tepat untuk mengatasi jentik-jentik nyamuk yang mulai tumbuh di beberapa tempat. Dengan membasmi jentik sesaat setelah muncul, maka anda bisa menghindarkan diri anda dari ancaman serta gangguan nyamuk yang berpotensi menjadi penyakit. 

Hal lain yang perlu dan harus dilakukan untuk mengatasi masalah jentik nyamuk adalah senantiasa menjaga kebersihan. Dalam hal ini, pastikan jika anda memiliki kebiasaan baik untuk membersihkan rumah anda secara teratur. Dengan membersihkan rumah secara teratur, maka nyamuk tidak akan betah bersarang sehingga jentik tidak akan muncul lagi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel