Bagaimana Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh?

Berbicara masalah obat pengusir nyamuk, mungkin yang terlintas di pikiran kalian adalah obat-obat nyamuk kimia yang sering dijual di pasaran. Namun tahukah kalian bahwa obat-obat kimia tersebut berbahaya? Jadi mulai sekarang sebaiknya kalian meninggalkannya lalu beralih ke cara alami yang lebih aman namun lebih efektif. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan daun sereh. Banyak yang belum tahu cara mengusir nyamuk dengan sereh. Oleh karena itu, di sini kita akan membahasnya secara tuntas. Jadi, kalian bisa mengikuti tips jitu ini.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh
Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh

Kenapa Sereh Bisa Mengusir Nyamuk?

Sereh lebih dikenal sebagai bumbu dapur. Biasanya, sereh atau serai digunakan untuk membuat minuman ataupun tambahan bumbu masak. Namun, ternyata ada khasiat lain dari tumbuhan ini yaitu mengusir nyamuk. Cara mengusir nyamuk dengan serai cukup mudah. Namun, kalian harus tahu dulu alasannya. Perlu diketahui, sereh mengandung minyak asiri yang dikenal ampuh mengusir nyamuk. Minyak asiri juga bisa disebut citronella oil. Selain untuk mengusir nyamuk, daun sereh yang mengandung minyak asiri juga efektif untuk mengusir serangga lain.

Langkah-langkah Cara Mengusir Nyamuk Menggunakan Daun Sereh

Karena terbukti ampuh, maka kalian harus tahu cara untuk membuat nyamuk kabur menggunakan daun sereh. Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang perlu kalian ikuti dengan benar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kalian harus menyiapkan daun serehnya. Selahkan ambil beberapa batang sereh secukupnya. Semakin banyak semakin bagus, namun sesuaikan dengan luas ruangan dalam rumah. Semakin luas ruangan, maka semakin banyak sereh yang diperlukan.
  2. Setelah itu, potonglah sereh menjadi kecil dan tipis-tipis. Gunakanlah pisau yang tajam untuk memotong atau mengirisnya.
  3. Jika sudah dipotong dan diiris kecil-kecil, langkah cara mengusir nyamuk dengan sereh selanjutnya adalah dengan memindahkan potongan-potongan tadi ke wadah. Misalnya, kalian bisa menggunakan piring kecil, mangkuk, atau wadah lainnya. Siapkan wadah sesuai kebutuhan. Misalnya, kalian ingin meletakkannya di 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, dan 1 dapur, maka siapkan 4 wadah.
  4. Langkah selanjutnya, kalian tinggal letakkan wadah yang berisi potongan sereh tadi di tempat-tempat yang sering dijadikan sarang nyamuk dalam rumah. Misalnya, kalian bisa menaruhnya di bawah dipan tempat tidur, di bawah sofa, di bawah meja, dan lain sebagainya.
Itulah tips mengusir nyamuk dengan sereh. Sangat praktis dan mudah bukan? Bahkan, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun jika kalian memiliki tanaman sereh. Sereh cukup mudah untuk didapatkan di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan. Selain nyamuk pergi, efek lain yang ditimbulkan adalah seluruh ruangan menjadi wangi karena aroma dari sereh tadi. Jadi, rumah akan terasa semakin nyaman.

Berapa Lama Nyamuk Pergi?
Berdasarkan percobaan, cara ini tergolong efektif. Namun, tingkat keefektifannya juga berbeda-beda. Biasanya, nyamuk akan pergi secara bertahap. Jadi, cara ini memerlukan waktu beberapa hari agar nyamuk benar-benar hilang dan pergi semuanya. Pada hari pertama & kedua, nyamuk akan berkurang secara drastis dibanding sebelum menggunakan cara ini. Di siang hari, nyamuk biasanya sudah tidak ada meskipun malam hari masih ada namun dalam jumlah sedikit. Ruangan dalam rumah juga sudah terasa semakin wangi.

Di hari ketiga hingga keempat, nyamuk biasanya sudah benar-benar hilang. Namun, setelah itu sereh akan mengering dan berpotensi nyamuk datang lagi. Untuk itu, segera ganti potongan sereh tadi dengan yang baru. Semoga cara mengusir nyamuk dengan sereh ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel