Cara Mencegah Perkembangbiakan Nyamuk Cikungunya

Jika berbicara mengenai nyamuk, anda tentu tidak asing dengan beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Seperti demam berdarah atau cikungunya. Nyamuk itu sendiri merupakan hewan yang bersayap dan terbang. Makanan yang ia cari adalah darah manusia, sehingga seringkali nyamuk menggigit permukaan kulit kita dan menghisap darah kita. Namun untuk jenis nyamuk berbahaya, akan membuat kita terjangkit penyakit. Seperti jika anda terkena gigitan nyamuk cikungunya, maka anda bisa terjangkit penyakit ini. Meskipun hampir sama dengan demam berdarah, yaitu disebabkan oleh gigitan nyamuk. Namun penyakit cikungunya ini berbeda dengan penyakit demam berdarah.


Penyakit cikungunya yang ditimbulkan oleh nyamuk penyebab cikungunya ini seringkali diartikan sebagai gejala penyakit demam berdarah. Hal ini karena reaksinya hampir sama, namun keduanya adalah penyakit yang berbeda. Penyakit demam berdarah bisa menyebabkan kematian, namun untuk cikungunya ini tidak. Namun meskipun tidak menyebabkan kematian, penyakit ini bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat tidak nyaman dirasakan. Hal ini tentu cukup menyiksa bagi orang yang terjangkit penyakit cikungunya ini. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini. Hal yang harus dilakukan adalah mencegah atau membasmi sumber penyakitnya lebih dahulu yaitu dengan mencegah perkembangbiakan dari jenis nyamuk penyebab penyakit ini.

Beberapa Langkah Cara Mencegah Perkembangbiakan Nyamuk Cikungunya

Penyakit cikungunya berbeda dengan penyakit demam berdarah. Meskipun bisa dikatakan ada beberapa gejala yang hampir sama sehingga sering terjadi kesalahan untuk mengindikasi penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Untuk penyakit cikungunya ini disebabkan oleh nyamuk cikungunya. Penyakit ini bisa dikenali dengan gejalanya yang mana menyerang pada persendian. Pertama orang yang terjangkit akan mengalami demam tinggi, kemudian sakit kepala, dilanjutkan dengan sakit pada persendian lengan dan kaki, pembengkakan persendian, kemudian juga sakit otot. Baru kemudian muncul bintik merah pada kulit. Untuk menghindari penyakit ini, ada beberapa upaya untuk mencegah perkembangbiakan dari nyamuk penyebab cikungunya ini.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menutup tempat-tempat yang menampung air. Pastikan tidak ada genangan air yang bisa dijadikan media untuk berkembang biak.
  2. Selanjutnya adalah membersihkan kaleng atau botol bekas yang bisa digenangi air. Sehingga tidak memberikan ruang untuk nyamuk berkembangbiak di dalamnya. Hal ini bisa membawa kemungkinan terjangkit penyakit tersebut nantinya jika dibiarkan begitu saja.
  3. Kemudian juga membersihkan selokan atau saluran air yang berada pada atap rumah, dan mungkin untuk digenangi air. Hal ini akan membantu anda untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk tersebut.
  4. Jangan lupa juga untuk mengganti tempat minum jika anda memelihara hewan peliharaan anda. Agar tidak dijadikan tempat berkembang biak nyamuk.
  5. Anda juga dapat memelihara ikan yang sering memakan larva.
  6. Anda juga dapat menghindari terjangkit penyakit ini dengan menggunakan pakaian yang panjang. Sehingga tidak tergigit oleh nyamuk yang membawa virus penyakit cikungunya tersebut.
  7. Anda juga harus membersihkan rumah anda dan juga merupakan tanaman atau rumput yang ada pada halaman rumah anda.
Dengan mengetahui bagaimana cara mencegah perkembangbiakan dari nyamuk cikungunya ini. Maka anda juga bisa mencegah untuk terhindar dari jangkitan penyakit yang bersumber dari nyamuk tersebut. Dengan begitu, anda tidak akan mudah terkena penyakit yang akan membuat tersisa penderitanya. Nah, mencegah penyakit sudah pasti harus dimulai dari sumbernya terlebih dahulu. Jadi, dengan mencegah perkembangbiakan sumber penyakitnya. Itu berarti anda juga sudah mencegah penyakitnya. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel