Cara Alami Mengusir Nyamuk Paling Efektif Harus Dicoba

Saat ini, ada banyak sekali produk anti nyamuk yang bisa kita jumpai di pasaran. Pasalnya, populasi nyamuk di Indonesia seakan tidak pernah berkurang bahkan selalu bertambah. Hal ini membuat banyak orang geram dengan keberadaan nyamuk yang semakin tak terkontrol. Faktanya, berbagai produk anti nyamuk masih kurang efektif untuk mengusir nyamuk. Bahkan, kebanyakan dari mereka bisa membahayakan kulit, pernapasan, dll. Sebenarnya ada cara yang lebih aman dan efektif yaitu dengan cara alami mengusir nyamuk. Apa saja cara yang bisa dilakukan?
Rosemary-bunga-pengusir-nyamuk-alami
Rosemary Bunga Pengusir Nyamuk Alami

Mengusir Nyamuk dengan Daun Serai

Salah satu cara tradisional mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan daun serai. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Pertama, ambil daun serai
2. Kemudian, campur air secukupnya
3. Lalu, blender hingga halus
4. Setelah itu, diamkan selama 12 jam dan saring ke dalam botol semprotan
5. Sekarang, kalian tinggal semprotkan berbagai sudut ruangan dalam rumah anda

Mengusir Nyamuk dengan Kulit Jeruk

Banyak yang sudah tahu bahwa kulit jeruk bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang bandel. Kalian bisa mencoba cara ini sendiri di rumah. Caranya sangat mudah. Yang perlu kalian lakukan adalah menaruh beberapa kulit jeruk kering di setiap sudut ruangan. Misalnya adalah di ruang tamu, kamar tidur, bawah tempat tidur, dapur, dan lain sebagainya. Aroma kulit jeruk yang dihasilkan sangat tidak disukai oleh nyamuk sehingga mereka lebih memilih meninggalkannya jauh-jauh. Selain mudah, kulit jeruk juga mudah didapat karena kalian bisa membeli jeruk di berbagai toko buah dengan mudah.

Mengusir Nyamuk dengan Minyak Lavender & Ragi

Cara alami mengusir nyamuk selanjutnya adalah dengan menggunakan ragi dan lavender. Berikut langkah-langkah yang perlu diikuti:
1. Siapkan dahulu minyak lavender
2. Selanjutnya, larutkan minyak tersebut dengan air secukupnya
3. Jangan lupa tambahkan ragi secukupnya
4. Lalu, aduk campuran tersebut sehingga benar-benar larut menjadi cairan
5. Kemudian, tuangkan cairan tersebut ke dalam suatu wadah
6. Terakhir, letakkan di tempat yang paling sering ada nyamuk

Mengusir Nyamuk Menggunakan Bunga

Bunga biasanya digunakan sebagai hiasan. Akan tetapi, ternyata ada beberapa bunga yang bukan hanya cantik namun juga bisa digunakan sebagai cara natural mengusir nyamuk. Alasannya adalah, nyamuk tidak menyukai aroma bunga-bunga tersebut. Misalnya adalah bunga krisan yang membuat nyamuk tidak tahan dengan wanginya. Kemudian, ada juga geramary yang membuat nyamuk cepat pergi. Dan masih banyak lagi bunga lainnya yang memang dikenal bisa mengusir nyamuk seperti rosemary, kecombrang, geranium, dan lain sebagainya.

Mengusir Nyamuk dengan Lemon dan Minyak Kayu Putih

Cara selanjutnya bisa juga dengan mencampur lemon dan minyak kayu putih. Campuran ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk. Bahkan, tips ini juga direkomendasikan oleh Center of Disease Control (CDC) sebagai cara mengusir nyamuk yang aman. Faktanya, lemon serta minyak kayu putih memiliki zat aktif dengan sifat antiseptic & penolak serangga. Artinya, ramuan ini bukan hanya bisa mengusir nyamuk namun juga untuk mengusir serangga lain seperti kecoa, lalat, dll.

Jika kalian tertarik dengan cara alami mengusir nyamuk ini, ada beberapa langkah untuk diikuti. Pertama, silahkan campur tetesan lemon dan minyak kayu putih dengan porsi sama. Kemudian, oleskan campuran itu ke kulit anda yang tidak tertutup oleh pakaian. Dengan begitu, kalian tidak akan digigit nyamuk dan bisa tidur dengan lelap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel