4 Bunga Pengusir Nyamuk Paling Ampuh

Sebagai negara yang beriklim tropis, populasi nyamuk di Indonesia memang sangat banyak. Nyamuk bukan saja mengganggu saat tidur tapi juga ada yang membahayakan seperti demam berdarah. Berbagai cara dan upaya kerap dilakukan namun nyamuk ternyata seakan kebal dengan obat-obat nyamuk yang ada. Kini, saatnya kalian beralih ke cara alami dan tradisional. Selain lebih efektif, tentu saja lebih aman dan murah. Ada beberapa bunga pengusir nyamuk yang sudah terkenal ampuh dan terbukti. Berikut bunga-bunga tersebut dan penjelasannya.
kecombrang bunga pengusir nyamuk Alami
Kecombrang bunga pengusir nyamuk Alami

Mengusir Nyamuk dengan Bunga atau Tanaman Alami

Setidaknya, ada 4 jenis bunga yang bisa membuat nyamuk pergi dari rumah kalian. Jadi, kalian bisa menanamnya di sekitar rumah untuk mengusir nyamuk.

1. Kecombrang
Kecombrang biasanya dipakai untuk bumbu masak dengan dicampur bumbu lain. Namun, kalian harus tahu bahwa bunganya yang cantik ternyata memiliki aroma yang asam sehingga nyamuk merasa terganggu. Itulah kenapa kecombang menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk yang sangat ampuh. Sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui akan hal ini. kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa kecombrang berguna untuk bumbu masak, padahal sebenarnya memiliki manfaat lebih besar.

2. Geranium
Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini. Geranium memang cukup populer sebagai bunga yang efektif untuk mengusir nyamuk. Hal ini disebabkan karena geranium mempunyai zat citronella yang bisa terbang dengan mudah sehingga memenuhi udara di sekitar. Perlu diketahui, nyamuk sangat tidak suka dengan zat ini. Jadi, dengan menanam geranium di sekitar rumah baik luar maupun dalam, maka nyamuk dijamin tidak akan berani mendekat lagi. Geranium sendiri memiliki 3 jenis yang berbeda yaitu Citrosa Queen of Lemon, Citrosa Lady Diana, dan Citrosa Mosquito Fighter.

3. Lavender
Sudah sangat populer jika lavender digunakan sebagai bunga pengusir nyamuk. Bahkan, berbagai produk anti nyamuk menggunakan aroma lavender karena memang baunya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Lavender berasal dari daerah pegunungan Alpen yang berada di Swiss. Aroma wangi yang ditimbulkan berasal dari zat linalool & lynalyl acetate. Harumnya sangat wangi dan disukai oleh banyak orang. Jadi, menanam lavender di dalam rumah maupun di luar rumah sangat efektif untuk mengusir nyamuk dan menyegarkan rumah.

4. Rosemary
Rosemary dikenal sebagai tanaman yang mempunyai bunga indah nan cantik. Bunga itulah yang bermanfaat dijadikan bunga anti nyamuk oleh banyak orang. Bahkan, bunga rosemary juga bermanfaat untuk bumbu masak dan bahkan berbagai macam obat. Aroma dari bunga rosemary mirip dengan minyak telon sehingga nyamuk sangat terusik dengannya. Nyamuk akan cenderung menghindari bau rosemary.

Bibit-bibit Bunga Pengusir Nyamuk

Saat ini, bibit-bibit bunga yang bisa mengusir nyamuk dengan efektif bisa kalian temukan dengan mudah. Ada banyak pedagang yang menjualnya baik secara online maupun offline. Harganya pun bervariasi. Misalnya, tanaman kecombrong umumnya seharga 35 ribuan, geranium biasanya dihargai sekitar 45 ribuan, lavender dijual sekitar 50 ribuan, dan rosemary sekitar 25 ribuan.

Setelah mengetahui bahwa bunga pengusir nyamuk ternyata mudah didapat, lebih efektif, lebih murah dan lebih aman digunakan, maka sebaiknya kalian mulai menghentikan penggunaan obat nyamuk yang bisa menimbulkan bahaya. Setiap bunga-bunga di atas memiliki aroma yang berbeda-beda. Jadi, kalian bisa memilih sesuai dengan aroma yang kalian suka. Rumah anda pun bukan hanya akan terbebas dari nyamuk namun juga udara menjadi lebih wangi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel