Meraup Keuntungan Berlipat Dengan Budidaya Telur Nyamuk

Hampir sebagian besar orang benci dengan namanya telur nyamuk. Terutama bagi kita yang sering mengalami sengatan nyamuk. Banyak yang mengatakan jika nyamuk merupakan serangga yang paling mengesalkan, ketika sedang tertidur dengan lelapnya eh malah kana sengatan. Akan tetapi meskipun sifatnya menjengkelkan ternyata nyamuk memiliki manfaat yang cukup besar bagi kita semua. Jentik-jentik nyamuk ternyata memiliki manfaat cukup besar serta bisa menjadi peluang bisnis bagi kita semua. Salah satu manfaat dari jentik-jentik nyamuk ini yaitu sebagai makanan untuk ikan yang masih kecil maupun yang sudah dewasa. Dengan adanya manfaat tersebut maka tidak mengherankan jika saat ini banyak orang yang melakukan budidaya telur nyamuk

Budidaya Telur Nyamuk
Budidaya Nyamuk

Nyamuk merupakan jenis serangga yang hidup pada daerah daratan, memiliki sayap yang digunakan untuk terbang. Nyamuk terdiri dari beberapa jenis diantaranya nyamuk malaria nyamuk biasa serta ada juga nyamuk demam berdarah. Nyamuk jenis betina merupakan jenis nyamuk yang sering menghisap tubuh manusia. 


Sedangkan nyamuk jantan tidak menghisap darah manusia dikarenakan nyamuk jantan mencari makanan melalui buah serta tumbuh-tumbuhan. Perkembangbiakkan nyamuk dilakukan dengan cara perkawinan. Nyamuk yang memiliki cadangan makanan maka selama seminggu nyamuk betina akan bertelur. Setelah itu nyamuk jantan serta nyamuk betina mencari tempat untuk menggenang serta menyimpan telurnya, tempat yang memiliki permukaan air serta ditumbuhi beberapa tumbuhan dan kotoran akan menjadi tempat menyimpan telur nyamuk. 

Jentik nyamuk atau anak nyamuk kemudian akan hidup di dalam air, jentik-jentik tersebut menjadi plankton atau bisa dibilang meroplankton. Jentik nyamuk melakukan pernapasan dengan menggunakan trakea. Cara menghisap oksigen yaitu dengan menyembulkan bagian ekor ke dalam permukaan air. Nyamuk memanfaatkan kotoran yang sudah membusuk di air atau beberapa jenis jasad renik sebagai makanannya. Agar bisa menjadi dewasa maka jentik nyamuk atau telur nyamuk terlebih dahulu harus menjadi plankton selama kurang lebih 1 hingga 3 hari setelah itu jentik nyamuk akan menjadi nyamuk dewasa yang sudah siap melakukan penghisapan darah.

Langkah Pembibitan Telur Nyamuk

Guna mendapatkan bibit berupa jentik-jentik nyamuk maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengumpulkan telur nyamuk. Cara mengumpulkan telur nyamuk adalah sebagai berikut:
1. Siapkan wadah bisa juga ember yang memiliki diameter sebesar 30 cm
2. Isilah ember dengan air bekas cucian atau leri
3. Simpanlah ember di dalam tempat yang memiliki banyak nyamuk
4. Jika sudah 3 hingga 5 hari belum juga ada telurnya maka silahkan anda ganti air leri dengan air yang baru
5. Telur nyamuk tersebut biasanya mengapung pada permukaan air
6. Silahkan ambil telur nyamuk dengan menggunakan lidi kemudian pindahkanlah pada tempat lain untuk kemudian diteteskan.

Langkah memelihara

Anda bisa juga mengganti air bekas cucian besar atau leri dengan menggunakan air biasa, akan tetapi anda harus sering member makan secara berkala. Tempat yang digunakan untuk melakukan penetasan ini bisa juga kita manfaatkan sebagai tempat untuk melakukan pemeliharaan, dengan demikian maka silahkan gunakan wadah yang tidak terbuat dari logam. Langkah selanjutnya silahkan anda tutupi wadah yang sudah terisi telur nyamuk dengan menggunakan kelambu atau anda bisa juga menempatkan wadah ke dalam kandang tersendiri. 

Demikianlah langkah budidaya telur nyamuk, cukup mudah bukan untuk dilakukan? Silahkan coba jika memang anda berminat. Beternak telur nyamuk ini bisa memberikan keuntungan berlipat ganda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel