Cara Ampuh Mengusir Nyamuk yang Bandel

Nyamuk adalah serangga yang suka menggigit dan menghisap darah manusia. Meskipun bentuknya kecil, namun nyamuk bisa menjadi masalah besar. Bahkan, ada beberapa jenis nyamuk yang berbahaya seperti malaria. Sayangnya, populasi nyamuk di Indonesia tergolong tinggi. Selain karena beriklim tropis, ada banyak faktor lain yang cukup mempengaruhinya. Setiap orang pasti ingin keluarganya terbebas dari nyamuk. Gigitan nyamuk bukan hanya menyebabkan gatal namun juga bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti demam berdarah. Berbagai cara sudah dilakukan namun nyamuk masih saja tetap ada. Untuk itu, di sini kami akan membahas cara ampuh mengusir nyamuk.

Kenali Bahaya Nyamuk

Bahaya Nyamuk untuk Keluarga

Berdasarkan data dari WHO tahun 2016, nyamuk termasuk serangga paling mematikan. Setiap tahunnya, ada lebih dari 700.000 orang meninggal karena gigitan nyamuk. Di Indonesia sendiri, kasus demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk memang tergolong cukup tinggi. Setidaknya ada lebih dari 200.000 orang menderita demam berdarah dan lebih dari 1.500 di antaranya meninggal dunia. Hal tersebut menunjukkan bahwa nyamuk benar-benar mematikan dan ini adalah fakta serius yang harus segera dicarikan solusi. Itulah kenapa kami memberikan tips ampuh mengusir nyamuk yang perlu kalian semua ikuti.

Upaya-upaya untuk Mengusir Nyamuk

Nyamuk biasanya ada di rumah-rumah yang kumuh dan banyak genangan airnya. Di dalam rumah, ada beberapa tempat favorit untuk nyamuk seperti bawah tempat tidur, bawah sofa, lemari, tumpukan buku, dll. Faktor penyebab munculnya nyamuk pun cukup beragam. Yang jelas, kita harus mengusirnya agar keluarga terhindar dari bahaya gigitan nyamuk. Mungkin kalian sudah sering menggunakan berbagai macam produk anti nyamuk. Akan tetapi, produk-produk tersebut hanya membunuh sebagian saja, dan hari berikutnya akan datang lagi dan lagi.Untuk itu, diperlukan cara ampuh mengusir nyamuk agar tidak kembali lagi. Berikut beberapa upaya yang bisa kalian lakukan:

1. Membersihkan Rumah Secara Teratur

Salah satu faktor penyebab rumah dihuni nyamuk adalah karena lingkungannya yang kotor. Oleh karena itu, salah satu cara efektif mengusir nyamuk adalah dengan membersihkan rumah secara teratur. Misalnya, kalian perlu menyapu dan mengepel 2 kali seminggu. Selain itu, pastikan tidak ada genangan air di dalam ataupun di sekitar rumah. Kemudian, kalian juga harus rajin menguras bak mandi, akuarium, dan kolam agar nyamuk tidak bersarang di tempat-tempat tersebut.

2. Mengganti Warna Dinding dan Perabot Rumah

Terdengar aneh memang, tapi kalian harus tahu bahwa ada beberapa warna yang disukai oleh nyamuk seperti oranye, merah hitam dan warna gelap lain. Sebaiknya, kalian mengganti warna-warna tersebut dengan warna yang lebih terang. Misalnya adalah kuning dan putih. Warna yang terang cenderung tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk tidak akan bersarang di rumah anda. Namun, cara ini tetap harus didukung cara lain.

3. Mengoptimalkan Sirkulasi Udara

Apakah rumah kalian memiliki sirkulasi udara yang cukup? Jika tidak, mungkin itulah penyebab nyamuk sering bersarang di rumah kalian. Jika diperlukan, kalian harus menambah sirkulasi udara seperti membuat jendela baru ataupun ventilasi. Dengan sirkulasi udara yang bagus, udara menjadi lebih segar dan nyamuk tidak bersarang lagi.

4. Memperbanyak Cahaya ke Rumah

Jika rumah kalian terlihat gelap dan kurang cahaya, sebaiknya buatlah jendela yang besar atau banyak agar cahaya yang masuk lebih banyak. Pencahayaan alami dari sinar matahari ini merupakan salah satu cara ampuh mengusir nyamuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel