Penyebab Penyakit DBD

Di Indonesia penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan yang serius. Penyakit DBD telah menyebar di 33 provinsi dan di 436 kabupaten/kota di Indonesia. Penyebab penyakit DBD adalah virus Dengue. Virus Dengue mempunyai 4 jenis tipe. Keempat jenis tipe tersebut adalah DEN-1, DEN-2, DEN-3, DEN-4. Ketika penderita DBD terkena salah satu tipe virus dengue untuk pertama kali dan berhasil sembuh, tubuh penderita tersebut akan menyusun sistem kekebalan tubuh terhadap satu tipe virus tersebut seumur hidup. Penderita yang sudah sembuh masih mungkin terserang 3 tipe virus dengue yang lain. Seseorang yang tinggal di daerah endemis dengue dapat terinfeksi 3 hingga 4 tipe virus dengue selama hidupnya. Indonesia merupakan salah satu negara endemis dengue di dunia.

Virus dengue tipe DEN-2 dan DEN-3 adalah penyebab wabah penyakit DBD di Asia Tenggara. Angka kematian yang disebabkan oleh virus DEN-2 dan DEN-3 mencapai 5%. Di Indonesia virus Dengue telah muncul sejak abad 18, namun baru pada tahun 1960, penyakit yang disebabkan oleh virus dengue disebut dengan penyakit DBD. Pengamatan terhadap virus dengue telah dilakukan dari tahun 1975. Keempat tipe virus dengue dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Pengamatan virus Dengue di beberapa rumah sakit di Indonesia menunjukkan bahwa ada 4 tipe virus Dengue yang bersirkulasi sepanjang tahun. Virus Dengue tipe DEN-3 merupakan virus dengue yang paling dominan dan dapat menyebabkan kematian.

nyamuk pembawa virus Dengue
Nyamuk pembawa virus Dengue

Penyebab Penyakit DBD yang dapat dicegah

Penyebab utama penyakit DBD adalah nyamuk pembawa virus dengue. Namun ada beberapa penyebab (faktor resiko) lain yang dapat dicegah agar kita terhindar dari penyakit DBD. Beberapa penyebab penyakit DBD yang dapat dicegah adalah.

1. Umur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih rentan terkena penyakit DBD daripada orang dewasa. anak-anak belum memiliki sistem kekebalan tubuh sebaik orang dewasa. anak usia kurang dari 15 tahun rentan terkena penyakit DBD. Berikan lotion anti nyamuk khusus anak untuk anak anda agar terserang dari gigitan nyamuk atau anda dapat menanam tanaman anti nyamuk dalam rumah seperti bunga lavender agar nyamuk tidak betah hidup di rumah anda.

2. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan salah satu penyebab tidak langsung penyakit DBD. Jentik nyamuk biasanya muncul di bak mandi. Sebaiknya anda tidak lupa untuk menutup bak mandi anda bila tidak digunakan atau anda dapat memelihara ikan cupang di rumah, karena ikan cupang suka makan nyamuk

3. Kebiasaan Menggantung Pakaian

Nyamuk suka hidup di tumpukan pakaian yang tergantung. Sebaiknya anda mengurangi kebiasaan menggantung pakaian, karena gantungan pakaian yang menumpuk dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk.

4. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik dapat mencegah penyakit DBD. Gunakanlah pintu kasa dan ventilasi udara agar sirkulasi udara dalam rumah anda baik dan terhindar dari penyakit DBD.

5. Kepadatan Penduduk

Pemukiman yang padat penduduk lebih rentan terkena penyakit DBD. Jarak terbang nyamuk pembawa virus dengue antara 50-100 meter. Daerah dengan padat penduduk dan nyamuk yang banyak menyebabkan perpindahan atau penyebaran virus Dengue mengalami peningkatan.

6. Tidak rutin melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk)

Pemberantasan Sarang Nyamuk adalah program pemerintah untuk menanggulangi penyakit DBD. Sayangnya tidak semua masyarakat mematuhinya, sehingga penyakit DBD masih menjadi salah satu penyakit mematikan di Indonesia.

Demikianlah artikel mengenai penyebab penyakit DBD. Salah satu upaya pencegahan penyakit DBD adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel