Beberapa Tanaman Anti Nyamuk Yang Ampuh

Nyamuk yang banyak akan sangat mengganggu setiap aktifitas. Banyak orang yang merasa sangat kesal ketika tidur malamnya diganggu nyamuk, kegiatan di rumah maupun diluar rumah juga terganggu karena banyak nyamuk. Anda yang ingin mengatasi masalah seperti bisa mencoba untuk menggunakan bahan alami. Nyamuk ternyata bisa diusir dengan menggunakan tanaman anti nyamuk. Nyamuk memiliki penciuman yang cukup tajam dan mereka sensitif dengan aroma tertentu. Aroma yang disukai oleh manusia justru tidak disukai oleh nyamuk namun aroma yang tidak disukai oleh manusia akan disukai oleh nyamuk. Berikut ini ada beberapa tanaman yang dapat anda gunakan sebagai anti nyamuk alami.

1. Serai wangi

Tanaman yang pertama yang sangat harus namun tidak disukai oleh nyamuk adalah tanaman serai. Tanaman yang satu ini memang sangat menarik untuk digunakan sebagai bahan atau tanaman untuk mengusir nyamuk. Caranya untuk memanfaatkan tanaman ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggunakannya sebagai aroma terapi sehingga uap dan aromanya akan terasa di ruangan rumah anda. Selain mampu untuk mengusir nyamuk, serai juga akan membuat ruangan menjadi segar dan lebih harum. Anda bisa juga menanamnya di pot lalu anda dapat menaruh potnya di tempat yang kiranya sering digunakan sebagai akses keluar masuk nyamuk.
Tanaman Anti Nyamuk Yang Ampuh
Kulit Lemon Tanaman Anti Nyamuk Yang Ampuh


2. Lemon

Bahan alami selanjutnya yang juga masuk sebagai tanaman pencegah datangnya nyamuk adalah lemon. Sebenarnya yang berguna untuk mengusir nyamuk bukanlah pohon lemonnya melainkan buahnya. Siapa saja akan sangat menyukai aroma lemon karena keharuman dari buah ini mampu merelaksasi dan juga menyegarkan pikiran. Cara untuk memanfaatkan buah lemon supaya nantinya bisa mengusir nyamuk dengan efektif adalah dengan cara mengambil irisan buah lemon lalu letakkan pada daerah yang banyak nyamuk. Selain bisa menggunakan lemon asli, anda juga dapat menggunakan tanaman lemon balm yang tanamannya sudah mengeluarkan bau yang sangat menyenangkan seperti serai. Jika ingin menggunakan daunnya juga bisa dilakukan namun tanaman ini tidak cepat pertumbuhan daunnya sehingga anda harus berhemat.

3. Tanaman lavender

Anda bisa memanfaatkan tanaman lavender sebagai tanaman yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Meskipun tidak menyebabkan nyamuk mati namun tanaman seperti ini akan sangat bermanfaat karena menjadi salah satu bentuk pencegahan dari penyakit demam berdarah. Tanaman ini sangat baik untuk ditanam baik di dalam ataupun di luar ruangan. Saat bunganya sedang tumbuh maka tanaman ini akan terlihat sangat cantik. Zat yang terkandung pada tanaman bunga anti nyamuk adalah zat linalool dan juga lynalyl asetan yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

4. Catnip

Tanaman untuk anti nyamuk yang berikutnya adalah tanaman catnip. Tanaman ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai anti nyamuk. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai perangsang keaktifan kucing. Jika kucing menyentuh atau mencium tanaman ini maka nantinya perilakunya akan lebih aktif. Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai pengusir nyamuk karena ada kandungan minyak esensial nepatalactone yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

5. Geranium

Tanaman berikutnya yang juga merupakan tanaman anti nyamuk yang sangat ampuh adalah geranium. Tanaman ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman pengusir nyamuk. Wangi bunga ini sangat menyenangkan sehingga jika anda menaruhnya di ruangan akan sangat tercium aromanya. Bunga geranium juga memiliki warna dan bentuk yang cantik sehingga banyak orang yang menjadikannya sebagai tanaman hias.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel